Fenomena Emas Hijau

FENOMENA EMAS HIJAU (Menguak Mafia Bisnis, Dalang dibalik Permainan Harga Anthurium)

Anggun Arifatuzzakiyah, Frantau Baskara, Nano Priyanto, Vini Wiratno putri, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Semarang, 2008.

ABSTRAK

Demam anthurium merajalela di Tanah Air, fenomena ini tentu cukup menarik bagi industri tanaman hias, mulai dari penghobi, kolektor, dan tentunya penjual. Padahal dulunya anthurium merupakan tanaman yang tumbuh di hutan-hutan tropis yang teduh. Namun karena kemolekan daunnya, si raja daun inipun beralih jadi hiasan yang indah dan bergengsi di rumah. Bahkan dikarenakan pertumbuhan yang lambat dan jumlah barang yang terbatas dijadikan oleh sekelompok orang untuk mendulang keuntungan dengan memainkan harga tanaman ini. Alhasil Harga yang sangat fantastik jatuh pada tanaman Anthurium.

Tampaknya tren anthurium bukan sekedar mengikuti hukum pasar. Penawaran dan permintaan bukan jaminan suatu jenis tanaman laku dipasaran dengan harga tinggi. Harga menjadi tidak realistis dan tidak rasional dikarenakan ada tangan-tangan yang memainkannya.

Diakui atau tidak tanaman hias ini populer karena ada faktor pemicu. Lazimnya dibuat segelintir orang bermodal besar yang kerap disebut sebagai trensetter. Ia bisa perorangan atau pun kumpulan orang yang belum tentu saling mengenal. Segelintir orang bermodal besar tersebut memicu tanaman anthurium untuk populer. Dengan publikasi media yang jor-joran Anthurium kian melejit baik harga maupun ketenarannya. Tak hanya media pertanian yang mengulasnya. Media cetak umum mengulasnya dalam waktu yang berdekatan. Hampir seluruh televisi pun mempublikasikannya. Belum lagi tabloid pertanian di daerah yang menjamur, bahkan ada belasan media baru yang muncul karena anthurium. Mirip menjamurnya tabloid politik di era reformasi karena dibukanya keran kebebasan.

Kata kunci ; Anthurium, Permainan harga, Dalang

Download Karya tulis:

3 thoughts on “Fenomena Emas Hijau

  1. salam kenal,

    Saya cahyono dari semarang, saya sangat tertarik dengan judul karya tulis Bapak. Kebetulan saya juga sempat investasi besar di bisnis anthurium dan mengalami kerugian besar. Saya ingin tahu hal yang sebenarnya tentang bisnis anthurium ini, minta tolong saya dikirimi karya tulis ini ke email saya :

    cahyo_icb@yahoo.com atau
    cahyo_2709@yahoo.co.id

    makasih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s