Green Project

Muhammad Frantau Baskara, Riza Firmansyah. Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang. GREEN PROJECT : SOLUSI CERDAS PENDUKUNG REVITALISASI PERTANIAN GUNA MENCIPTAKAN PEMBANGUNAN YANG BERKELANJUTAN DI BIDANG EKONOMI DAN PERTANIAN.

Program Revitalisasi Pertanian Perikanan dan Kehutanan (RPPK) adalah salah satu dari strategi tiga jalur yang ditempuh Kabinet Indonesia Bersatu dalam rangka mengurangi kemiskinan dan pengangguran serta meningkatkan daya saing ekonomi nasional. Sejauh ini meskipun sudah berjalan selama dua tahun (Juli 2007) namun program RPPK belum menampakan hasil yang signifikan. Bahkan dalam kurun waktu 2 tahun ini sering dijumpai berbagai kondisi paradoksal yang melingkupi sektor pertanian, seperti naiknya harga minyak goreng dan beras yang sempat mencapai Rp. 6000,00/ Kg. Fenomena ini sangat miris, mengingat Indonesia dikenal sebagai negara agraris yang kaya akan sumber daya alam.

Berdasarkan latar belakang diatas, perlurah kiranya fenomena unik seperti ini diangkat dalam sebuah karya tulis. Rumusan masalah yang diangkat dalam karya tulis ini adalah Mengapa Green Project perlu dilaksanakan pada sektor pertanian di Indonesia dan bagaimana konsep Green Project dapat diterapkan pada sektor pertanian di Indonesia. Adapaun tujuan penulisan karya tulis ini adalah untuk menjelaskan pentingnya pelaksanaan Green Project pada sektor pertanian di Indonesia serta untuk menjelaskan penerapan konsep Green Project pada sektor pertanian di Indonesia. Telaah pustaka yang digunakan untuk pijakan meliputi hal-hal seputar revitalisasi pertanian. Pendekatan yang digunakan ialah metode deskriptif kualitatif berdasarkan kajian kepustakaan. Sumber kajian yang digunakan diantaranya buku, jurnal yang relevan dengan topik penulisan dan artikel serta berita yang didownload dari internet. Dalam pembahasan dapat dipaparkan bahwa program revitalisasai pertanian yang dicanangkan pemerintah belum begitu terlihat implementasinya, hal ini didukung oleh data-data mengenai kemiskinan yang semakin meningkat, pertumbuhan sektor pertanian dan produksi pangan yang menurun. Untuk itu perlu kiranya dibuat sebuah program pendukung revitalisasi pertanian, disini Green Project diharapkan dapat menjadi solusi untuk mengatasi masalah tersebut. Green project sendiri terdiri dari 7 konsep yaitu, Green Facility, Green Promotion, Green Festival, Modern Market, Counselling, Green Bank For Agriculture and Agriculture Cooperative, Green Agriculture Technology.

Dari uraian diatas dapat disimpilkan bahwa revitalisasi pertanian yang dicanangkan oleh pemerintah belum dapat memberikan solusi pemecahan permasalahan ekonomi di Indonesia terbukti dari  pertumbuhan sektor pertanian yang masih stagnan, angka kemiskinan di Indonesia masih tinggi dan rendahnya produksi pangan. Hal ini sangat ironis, sehingga diperlukan terobosan baru untuk mendukung revitalisasi pertanian dan green project dapat menjadi solusi alternatif untuk mengatasi masalah tersebut

Kata Kunci: Revitalisasai Pertanian, Green Project, Pertanian.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s