Logo Perusahaan

MENGUAK FENOMENA PERUBAHAN LOGO PERUSAHAAN DI INDONESIA   (CITRA BARU DAN LOYALITAS KONSUMEN)

 

Muhammad Frantau Baskara, Riza Firmansyah. LKTM Bidang IPS Tingkat Fakultas. 2007. Pembimbing: Sandy Arief, S. Pd. 28 halaman.

Abstrak

Logo adalah bagian dari corporate identity. Bagi sebagian perusahaan, perubahan logo menjadi tabu karena menyangkut kebanggaan historis. Tapi bagi sebagian yang lain, perubahan logo adalah alat yang sangat menarik untuk mengkomunikasikan perubahan Perumusan visi dan misi baru perusahaan sebagai strategi manajemen untuk tetap eksis dan terus berkembang dapat diwujudkan dengan penggantian logo. Banyak hal yang melatarbelakangi sebuah perusahaan mengubah logonya, diantaranya adalah ingin meninggalkan kesan lama dan memperkuat citra peruisahaan.

Berdasarkan latar belakang diatas  rumusan masalah yang diangkat dalam karya tulis ini adalah mendeskripsikan bagaimana fenomena perubahan logo perusahaan yang terjadi di Indonesia dan bagaimana perubahan logo perusahan dapat meningkatkan loyalitas konsumen. Adapun tujuan karya tulis ini adalah untuk mengungkapkan fenomena perubahan logo perusahaan yang terjadi di Indonesia dan mengungkapkan perubahan logo perusahaan terhadap peningkatan loyalitas konsumen pengguna produknya. Telaah pustaka yang digunakan untuk pijakan meliputi kajian tentang logo dan loyalitas konsumen. Pendekatan yang digunakan ialah metode deskriptif kualitatif berdasarkan kajian kepustakaan. Sasaran penulisan karya tulis ini ialah perusahaan yang telah merubah logonya dan bagaimana perubahan logo tersebut dapat meningkatkan loyalitas konsumen. Sumber kajian yang digunakan diantaranya buku-buku yang relevan dengan topik penulisan dan artikel serta berita yang didownload dari internet. Sumber kajian ini diharapkan dapat memperkuat dan mempertajam pembahasan. Langkah-langkah penulisan meliputi menemukan dan merumuskan masalah, mencari dan menyeleksi sumber-sumber pustaka yang relevan, menganalisis sumber-sumber pustaka dan studi komparasi untuk menjawab permasalahan, merumuskan alternatif permasalahan, menarik simpulan dan merumuskan saran, dan terakhir menyusun karya tulis. Berdasarkan hal diatas, hasil pembahasan dapat dipaparkan bahwa alasan umum perusahaan mengubah logo adalah untuk mengubah citra. Agar logo baru dapat mengubah citra maka perlu diadakan sosialisasi yang gencar melalui promosi dan periklanan kepada konsumen serta menerapkan 7 dimensi kunci Rep Track. Dengan terbentuknya citra yang baik di mata masyarakat maka akan meningkatkan loyalitas konsumen.

Dari uraian diatas dapat disimpulkan bahwa perubahan logo sebuah perusahaan dapat memunculkan berbagai macam persepsi dan reaksi di masyarakat serta dapat berpengaruh terhadap loyalitas konsumennya. Saran yang dapat direkomendasikan, bagi sebuah perusahaan yang akan merubah logo hendaknya menggunakan logo yang simpel agar mudah dikenali dan diingat oleh masyrakat.

Kata kunci: perubahan logo, citra perusahaan, loyalitas konsumen.

About these ads